Review : Mane 'n Tail Shampoo - Gentle Clarifying

Sudah pernah denger tentang Mane 'n Tail alias shampoo kuda?? Yang belom pernah dengar, pasti bingung juga ya kenapa beauty blog kok review tentang shampoo kuda ^^.. tenang Girls, meskipun shampoo kuda, tapi manfaat shampoo ini juga bisa dirasakan oleh manusia lho.. :) Nah, bagi yang sudah pernah dengar tapi belum pernah nyobain, kali ini aku share yah pengalaman aku menggunakan shampoo ini setelah kurang lebih sebulan. 


Nah, kok bisa dibilang shampoo kuda sih? 

Jadi, awal mulanya shampoo ini memang memiliki target market para pemilik ranch dan peternakan yang memiliki kuda kuda yang digunakan untuk pertunjukan/show, yang memang rata rata memiliki ekor dan surai yang panjang. Tapi kemudian, diketahui bahwa para pemilik kuda kuda tersebut juga menggunakan shampoo tersebut untuk rambut mereka sendiri, dan hasilnya ternyata juga memuaskan.

Varian dari shampoo ini banyak, mulai dari yang original, deep moisturizing (untuk rambut kering), gentle clarifying (untuk rambut bermasalah), color protect (untuk rambut diwarnai), herbal gro (herbal) dan anti dandruf (anti ketombe). Selain itu, dalam perkembangannya diproduksi juga produk produk conditioner, leave on conditioner, pomade dan hand and nail  therapy (yang pastinya untuk manusia yaa).

Mine is Gentle Clarifying alias untuk rambut bermasalah. Tadinya bingung mau pilih yang jenis apa, karena bisa dibilang rambutku kering iya, ketombean iya, lepek iya, diwarna juga iya. Pada akhirnya, saking banyaknya masalah di rambut akhirnya aku pilih aja "untuk rambut bermasalah" :D

Yuk kita lihat penampakannya..



Ukuran nett shampoo ini adalah 355 ml, dan dijual dengan harta bervariasi antara Rp. 185.000,- s/d Rp. 250.000,-. Botol terbuat dari plastik berwarna putih susu, dan di bagian belakang terdapat tulisan mengenai fungsi dan cara pakai. Kayaknya kalau fungsi sudah jelas ya, untuk membersihkan rambut. Cara pemakaian juga as usual kita keramas saja. 


Tutup botol berwarna biru gelap, dan bisa dibuka dengan cara dipencet salah satu sisinya. Menurut aku sih, untuk bentuk shampoo seperti ini sudah oke, karena jumlah shampoo yang dikeluarkan (bahkan ketika botolnya dimiringkan 90 derajat) akan tetap segitu segitu aja. Cara mentutupnya juga mudah, dan kalau sampai jatuh dalam keadaaan terbuka pun, ga bakal tumpah banyak.


Penampakan shampoo nya sendiri, as you see, berwarna bening dan tidak terlalu kental. Aroma parfumnya wangi floral yang lembut segar, tapi tidak menyengat. Untuk busa yang dihasilkan juga nothing special, karena mostly shampoo memang memiliki kemampuan menghasilkan busa yang melimpah. 

Ingredients dalam Mane 'n Tail adalah sebagai berikut (maaf ga dijabarin satu satu yak) :

Sumber 

Dan, bagaimana hasil pemakaian di rambutku? Yuk, coba lihat disini :

Kondisi sebelum dan sesudah keramas. Kalau dilihat dengan baik, di bagian atas kepala masih kelihatan kan ya kondisi yang berminyak dan lepeknya

Yang Terlihat :
Kalau dilihat dari sini, ga terlalu terlihat pengaruhnya ya...cuma beda yang tadinya lepek trus jadi ga lepek. Trus karena rambutku bekas dicat ombre dan kemudian dicat ulang tapi ga ombre (dan dicat sendiri pula), ya jadinya tetep terlihat acak acakan gitu deh.

Yang Ga Terlihat :
Berhubung aku kelupaan ambil foto kondisi awal rambut sebelum pemakaian, jadi aku jabarin dulu ya kondisi awal rambutku dulu. Masalah pada rambutku adalah sebagai berikut :

1. Kering, kasar dan kaku pada ujung rambut
2. Diwarnai (sendiri)
3. Rontok
4. Pada pangkal rambut dan kulit kepala, gampang sekali lembab dan berminyak
5. Apabila kondisi lembab berminyak tersebut tidak segera diatasi (baca : keramas), maka kulit kepala akan gatal dan muncul ketombe
6. Harus keramas setiap hari  untuk menghindari rambut lepek dan gatal

Pertama kali menggunakan shampoo ini, bisa dibilang tidak ada efek apa apa yang dirasakan, kecuali wanginya yang lembut. Begitupun pada pemakaian ke dua dan ketiga. Aku masih tetap merasakan rambutku kering dan kasar, dan di pangkal rambut tetap berminyak dan gatal (dan ketombe masih muncul). Kerontokan tetap masih ada dan tidak berkurang banyak

Kemudian pada tahap pemakaian ke 4 dan seterusnya penggunaan shampoo ini, berangsur-angsur kondisi kulit kepala dan rambutku jadi berubah. Yang tadinya tiap hari keramas gara gara kulit kepala gatal gatal, saat ini pun kalau tidak ingat keramas bisa 3-4 harian tanpa terasa gatal ataupun ketombe (wow!).

Selain itu, tingkat kerontokan rambut juga berkurang, meskipun tidak signifikan. Biasanya setiap kali keramas, kira kira adalah 30-50an helai rambut yang rontok (pokoknya bisa jadi satu kunciran sendiri deh). Belum ditambah pada saat menyisir rambut (dan bayangkan, aku tiap hari harus keramas!). Yang jelas, dengan tidak adanya keharusan keramas tiap hari juga membantu "menyelamatkan" rambutku dar kerontokan "wajib" saat keramas.

Foto ini aku ambil sehari setelah keramas dan melewati siang hari yang panas jalan kaki jemput anak anak sekolah :D
So, in my opinion, shampoo ini benar benar memberikan hasil yang cukup memuaskan untuk rambutku. Rencanaku sih, setelah selesai dengan kondisi rambut lepek dan kulit kepala gatal plus ketombe, aku mau menggunakan shampoo Mane 'n Tail Color Protect Shampoo supaya bisa lebih terkonsentrasi untuk perawatan rambutku yang diwarnai ini, bergantian dengan Mane 'n Tail Gentle Clarifying.

Overall summary untuk Mane 'n Tail Gentle Clarifying Shampoo adalah sebagai berikut :

- Efektif untuk digunakan pada rambut bermasalah, lembab, berminyak dan ketombe.
- Wangi lembut dan enak.
- Mengurangi kerontokan pada rambut.
- Harga perbotol 355ml adalah Rp 185.000,- - ini lumayan mahal sih untuk sebuah shampoo.
- Hasil bertahap
- Tidak dijual di supermarket atau al*a/in*omart. Saat ini Mane'n Tail Shampoo hanya dijual di online shop saja.

Nah, buat yang penasaran pengen nyobain si shampoo kuda ini, boleh deh cuz ke Bunny Beaute Cosmetica buat pesen. Ready stok all varian juga lho..


Oke, segitu dulu ya..thankyouu :)