Perawatan Wajah Sehari Hari

skincare_regime


Gw sebenernya bukan penggemar skincare dan sebisa mungkin pake skincare itu minimal. Tapi sayangnya di usia gw yang satu dasawarsa lagi mendekati 50 tahun, mau ga mau gw kudu rajin pake, kalo pengen tetep keliatan kaya umur 25 taon. That's why, beberapa bulan ini gw mulai serious cari cari skincare yang cocok buat gw.

Kulit gw jaman abg dulu, cenderung berminyak. Jerawat, jangan ditanya. Minimal 5 nemplok di muka selama satu periode. Cuma sejalan dengan makin bertambah umur, kulit jadi sedikit berubah. Sekarang, kulit wajah gw bersifat kombinasi. Area T berminyak dan lokasi lainnya kering. Lain ladang lain belalang, kalo kulit badan gw terutama kaki dan telapak tangan kering kerontang. Udh dicoba pake losion yang katanya melembabkan, tapi ya tetep aja malah jd lebih kering. Sampai patah semangat gw asli.



Oke curcolnya udahan. Nih kebeneran KBBV bikin blogpost collaboration lagi dan kali ini temanya Skincare Regime. Berhubung gw pengen curcol, jadi dengan alibi nulis blogpost gw ikutan deh. Soalnya curcol sama Ursa juga ga bakal ditanggepin sih. 

Yang paling wajib buat gw, tentu saja adalah pembersih. Ini adalah material paling banyak ngabisin duit sekaligus paling ga bisa gw tinggalin. Gw punya micellar water, cleansing foam, cleansing oil, cleansing tissue. Cuma dari segitu banyak yang gw punya, yang paling sering gw pake yaitu Dove Makeup Remover Foaming Cleanser.

skincare_regime

Jadi pembersih keluaran Dove ini diklaim punya triple function, menghapus makeup,  membersihkan sampai "kedalam" (gw ga tau "kedalam" apa) dan melembabkan. Bentuknya foam jadi bisa langsung ditaro di wajah tanpa harus digosok dulu. Gw udah pake pembersih ini sekitar 1,5 bulanan, dan menurut gw ini sih enak dipake dan ga bikin kering. 

Yang jadi kekurangan cuma satu, harganya 100rb an. Itungannya mahal buat pembersih wajah yg ga perlu digosok udh jadi busa - secara pake yang biasa juga nggosok ga sampe sejam jadi busa juga kan. 

Nah, setelah bersihin wajah, kalau di malam hari gw pake Pixy Glow Tonic yang merupakan exfoliating toner. Pixy Glow Tonic ini punya kandungan 5% Glycolic Acid yang berfungsi meng-exfoliate dead skin cell dan membuat wajah lebih glow/cerah.  Gw udah pake toner ini selama sekitar 3 bulanan dan gw cukup puas sama "healthy glow" yang dihasilkan. Healthy glow kategori gw adalah yang ga terlihat berkilau banget, tapi cukup terlihat cerah. Jadi kalo ga dipelototin bener ya ga terlalu kentara. 

skincare_regime

Untuk Pixi Glow Tonic ini cuma bisa dipake di malam hari, jadi kalau pagi setelah membersihkan wajah, gw langsung skip ke pelembab wajah.

skincare_regime

Nah, 3 sekawan dari The Ordinary ini gw pake udah sekitar 2 bulanan juga. Yang gw pake adalah Advance Retinoid 2%, Natural Moisturizing Factor + HA dan Rose Hip Oil. Kenapa milih The Ordinary? karena harganya cukup terjangkau, dan sekarang lagi kekinian banget. 

Advance Retinoid ini merupakan serum yang fungsinya buat menghilangkan flek bekas jerawat ataupun hyperpigmentasi. Konon dokter dokter kulit juga selalu meresepkan retinol di tiap obat obatannya.

skincare_regime

Nah di gw sendiri, Advanced Retinoid ini sebenernya merupakan pengganti dari Retinol 1% - juga dari The Ordinary. Awalnya gw sok pede aja beli retinol 1%, gw pake tapi ya amplop muka gw jadi merah-merah, trus kulit mengelupas dan agak perih. Pas diselidiki dengan seksama, baru tau penggunaan Retinol itu ga boleh langsung ujug2 1%. Kudu nyicil dulu dari 0,25% - 0,5% - 0,75% dan baru 1%. Jadi akhirnya gw memutuskan ganti ke Advanced Retinoid 8% yang diklaim oleh Deciem sebagai produsen The Ordinary lebih "bersahabat" dibanding retinol murni dalam Retinol 1%.

Advanced Retinoid gw pake sekali sehari, yaitu di malam hari saja, setelah penggunaan toner. Di siang hari, para pengguna Retinol dan turunannya diwajibkan menggunakan sunscreen karena kulit lebih sensitif selama penggunaan retinol.

Next step setelah serum, gw menggunakan pelembab, dan pilihan gw adalah Natural Moisturizing Factor + HA. Bisa gw bilang bahwa Natural Moisturizing Factor + HA merupakan produk The Ordinary yang paling gw suka karena bener bener bikin kulit lebih moist dan kenyal. 

skincare_regime

Kok bisa semanjur itu sih? jadi kalau di web nya Deciem, dijelaskan bahwa si Natural Moisturizing Factor (NMF) + HA (Hyaluronic Acid) ini merupakan pelembab pelembab alami yang fungsinya menahan air di dalam kulit. Jadi bisa jadi itu yang menyebabkan kulit wajah jadi lebih moist dan kenyal. Suami gw juga sempet nyobain gegara kulitnya tiba tiba kering perih gitu, dan dia bilang sekali pakai langsung maknyus.

Mengingat harganya yang cuma 150rb an, gw rasa pelembab ini wajib banget dimiliki terutama karena hasilnya yang cukup bagus. Ohya, sebenernya Glycolic Acid dan Hyaluronic Acid tuh ga boleh dipake secara langsung berturut turut. Jadi biasanya, setelah pake Advanced Retinoid, biasa gw leyeh leyeh atau nonton youtube dulu barang 10 menit sebelum pake Natural Moisturizing Factor + HA  ini.

skincare_regime


Seperti yang tadi gw bilang diatas sono, kalau di pagi/ siang hari sehabis bersihin muka, setelah pemakaian pelembab maka gw wajib banget hukumnya pake sunscreen. Bukan pengen putih, tapi lebih ke menghindari efek buruk sinar matahari seperti misalnya k-e-r-i-p-u-t dan f-l-e-k. Gw ga pernah masalah sama kulit yang lebih tan becoz its sexy, tapi gw jelas ga minat keriputan sebelum waktunya 

Pilihan gw selama 2tahunan ini adalah the one and only Skin Aqua UV Mild Milk. Selain karena enak dipakenya, juga irit karena sebotol ini bisa bertahan beberapa bulan. Selain itu juga bisa dipake sbg pelembab - in case lagi keabisan pelembab pake inipun jadi. 

skincare_regime

Nah, kl pagi sih, skincare regime gw berakhir disini. Habis itu, biasanya either langsung cus ngajakin Ursa jalan jalan atau lanjut pake bb cream/foundie dan makeup seperti biasa. Tapi,  dimalam hari sebagai lapisan terakhir aku menggunakan 100% Organic Cold Pressed Rose Hip Oil.

Jadi 100% Organic Cold Pressed Rose Hip Oil itu adalah facial oil, yang jujur sampe sekarang gw juga ga tau dihasilkan dari apanya si bunga mawar. Tapi yang gw tau, rosehip ini efektif banget mendukung kerja NMF dalam mempertahankan kelembaban kulit. So, gw juga membeli ini tanpa pikir panjang - sama kaya pas memutuskan beli NMF. Untungnya gw ga salah, karena ternyata hasil NMF juga didukung sama si Rosehip ini.



Ohya, satu hal yang bikin gw suka sama si rosehip ini adalah karena doi ga lengket setelah dioles di wajah. Meresapnya agak lama sih memang, tapi ga masalah buat gw as long as ga lengket. Selain itu juga bau "apek"nya ga parah kaya facial oil lain yang pernah gw cobain. 

Nah, sampe sini sebenernya skincare regime udah berakhir. Cuma ada satu lagi yang pengen gw bahas, yaitu hand body lotion. Kenapa gw bahas, karena terkait kekeringan di wajah dan terutama seluruh badan gw yang udah tingkat akut, gw merasa ini merupakan satu hal wajib yang kudu gw lakuin juga.

skincare_regime

Jadi gw baru banget tau bahwa The Body Shop ngeluarin Ethiopian Green Coffee Cream (sama halnya gw baru tau ada kupi ijo). Selama ini buat obat kekeringan kulit terutama kaki, gw pake Shea Hand Body Lotion dari TBS. Pas mau beli Shea Hand Body Lotion, ee sama mbak mbak TBS ditawari si Green Coffee ini. 

Jujur gw tuh orangnya gampangan banget - dikasi colek dikit, diramah ramahin pasti langsung beli. Nah ini kejadiannya juga gitu. 

Nah cumanya, setelah beberapa saat pake, gw bener bener ngerasain hasilnya oke banget di kulit kaki dan tangan gw - bahkan lebih efektif dari hand cream nya Shea. Ini lepas dari klaim TBS bahwa si green coffee ini bisa mem-firming tangan, paha, kaki dan perut ya. Soalnya kalo mengencangkan kulit cuma dengan oles oles tanpa olahraga itu ga ada di kamus gw deh.


Jadi kalo pake Shea, biasanya dalam beberapa jam gw butuh re-apply lagi biar engga kering kulitnya. Tapi dengan green coffee ini, gw ga perlu re-apply sampai dengan lebih dari 8 jam! Bahkan ketika habis cuci tangan, tetep berasa masi lembab loh. 

Sayangnya si Green Coffee ini agak pricey, meskipun ukurannya cukup gede apalagi dibandingin sama harga Shea. Cuma ya, no pain no gain. Biarlah dompet suami gw ngerasain pedihnya, asal kulit gw jadi bagus.

Oke, segitu aja sih cerita tentang skincare regime gw. Moga moga bermanfaat lah ya buat yang baca. 


KBBV Beauty Post Collaboration
join KBBV disini!


Comments

  1. Waah itu Dove nya menarik. Dijual di Indonesia kah? Aku juga pakai yang the ordinary advanced retinoid dan rosehip seed oil, sukaa :)

    www.ranioktavia.com

    ReplyDelete
  2. Gw pengen The Ordinary sama PIXI euuy..

    ReplyDelete
  3. Belum pernah nyoba semua produknya -.- jadi penasaran deh pengen coba Dove sama Pixy 😆
    www.pesonacleopatra.com

    ReplyDelete
  4. Eh ada dove yang kaya gitu yah, kudu nyari nih biar ga terlalu banyak step. Btw samaan pake retinoid emang manep yaaa buat bekas jerawatt^^

    www.cyanophytaa.net

    ReplyDelete
  5. Fotonya kok makin caem sih? 😍

    Duh itu Pixi aku jadi mupeng jugaaaa

    ReplyDelete
  6. Produknya sedikit namun berbobot semuahhhh!

    ReplyDelete
  7. pengen nyobain green coffee creamnyaaa >.<

    ReplyDelete
  8. pengen nyoba juga dong, soalnya belum sempet nyoba salah satunya..

    www.daherbal.net

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts