Impian Berpetualang Di Kedalaman Great Barrier Reef

One from the most wildest dream yang selalu aku mimpikan adalah berada di suatu tempat yang luas, berwarna warni dan jauh dari keramaian dunia. Jauh dari asap, polusi dan dari berisik suara kehidupan. Tempat yang memiliki keindahan, kedamaian sekaligus menantang nyali nan menggoda iman. Tempat yang kita sebut sebagai lautan dan menempati sebagian besar rupa bumi kita.


Tahukah kamu rasanya snorkling? Snorkling, hanya merupakan aktivitas olahraga yang buat sebagian orang hanya menghitamkan kulit. Orang lain lagi bilang bahwa snorkling is challenging. Tapi buatku, snorkling bukan hanya tantangan, tetapi merupakan pengalaman berpindah ke dunia lain hanya dalam satu kedipan mata. Begitu aku menundukkan kepalaku, maka aku masuk dalam sebuah dunia warna warni yang tenang dan menghanyutkan.

snorkling, salah satu kegiatan "dunia lain"-ku
Well, aku memang bukan maniak snorkling. In fact, aku cuma pernah melakukan snorkling dalam hitungan jari saja. Banyak alasan yang bisa aku kemukakan kalau berkaitan dengan ini. Mulai dari ga ada waktu lah, ga jago berenanglah, sampai alasan takut dikejar hiu.

Tapi, aktivitas yang cuma beberapa kali itu selalu meninggalkan bekas yang menenangkan buat aku. Kapanpun aku mengingat saat aku di dunia penuh ketenangan itu, maka aku akan merasakan hasrat yang mengebu untuk bisa melakukan lagi dan lagi. Dan, hasrat itu yang membawa aku ke satu keinginan baru, yang saat ini masih cuma jadi mimpi.

belajar menyelam adalah cita cita yang akan membawa aku maju selangkah kedepan untuk menyambut tantanganku
Tahukah kamu apa impian paling menantang yang aku ingin lakukan? Aku ingin belajar diving, lalu aku akan menyelam dan menjelajahi alam lautan dalam sana. Aku ingin bisa berenang menjelajahi alam yang baru, berwarna warni dan penuh ketenangan. Berenang bersama serombongan ikan, menyelusuri rongsokan kapal karam dan sesekali bertemu dengan ikan hiu yang melenggang santai kekenyangan.

Pada saat itu tiba, satu tempat yang paling aku ingin kunjungi adalah Great Barrier Reef. Sebagai salah satu keajaiban alam yang terkenal di dunia, Great Barrier Reef yang terletak di lepas pantai Queensland di Australia Timur ini menawarkan segala surga yang bisa dinikmati oleh pencinta diving.

Great Barrier Reef dari ruang angkasa (sumber disini)
Great Barrier Reef, merupakan gugusan karang yang melintang sepanjang 2600 Km di lepas pantai timur Queensland. Orang bilang, barisan koral ini merupakan satu satunya mahluk bumi yang bisa dilihat dari luar angkasa saking besarnya, dimana lebih dari 3000 jenis terumbu karang dan 4000 spesies ikan hidup dan berenang disitu.

sumber disini
Lalu, apa yang aku lakukan ketika sampai disitu? 

Dalam otakku, aku sudah mempunyai puluhan itinerary tempat yang aku kunjungi. Aku ingin melihat terumbu terumbu karang sejauh yang aku bisa, aku ingin menyelam sehari penuh, berenang sekuatnya, dan ketika aku sudah tidak sanggup lagi, maka aku akan naik glass bottom boat atau sekedar duduk di pinggir pantai.

The first place yang akan aku kunjungi, tentu saja adalah lokasi lokasi kapal karam. Yah, anggap saja aku terlalu berkhayal. Tetapi kunjungan ke lokasi lokasi ini cukup menantang sekaligus merinding. Kamu tidak akan pernah tahu apa yang ada dibalik bongkahan patahan kapal. Apakah hanya ada reruntuhan kapal, ikan, sea turtle, atau hiu - who know?? Jadi, pilihanku adalah lokasi karamnya SS Yongala, yang merupakan kapal penumpang mewah yang tenggelam di tahun 1911 karena badai. Setelah itu, aku bisa melanjutkan menjelajah ke titik titik selam yang wajib didatangi yaitu Fish Bowl, Corridor, Zoo, Cabbage Patch dan Atlantis. Wow, don't you feel the excitement??

SS Yongala Shipwreck (sumber disini)

Perhentian selanjutnya yang wajib disempatkan, tentu saja adalah HMAS Brisbane yang tenggelam di tahun 2005 di kedalaman sekitar 15-18 meter dibawah air. HMAS Brisbane merupakan artificial reef dimana banyak kehidupan laut yang kini menetap di kapal tersebut. Bisa kubayangkan betapa beragamnya kehidupan penuh warna yang ada di lokasi tersebut. Menakjubkan.

HMAS Brisbane (sumber disini)
Jauh lebih ke utara, aku akan menyempatkan untuk bisa berenang di antara penyu, bintang laut dan kepiting di Lady Musgrave Island dan Fitzrooy Lagoon dekat Gladstone. Aku juga memastikan diri akan melihat dan merasakan merindingnya berenang bersama dengan hiu hiu disekitarku, ketika aku mengunjungi North Horn di Osprey Reef, The Whitsundays dan Heron Island. 

Berenang disekitar ikan hiu, the most wildest dreams ever.
Lokasi : Osprey Reef (sumber disini)
The Whitsundays (sumber disini)
Aku masih terus memimpikan hal hal indah yang bisa aku jumpai di Great Barrier Reef. Mungkin saat ini memang masih mimpi, tapi aku akan terus berusaha mewujudkan mimpi itu. One day, mimpiku pasti jadi kenyataan.

Bagaimana dengan mimpimu? How Far Will You Go?

Comments

Popular Posts