DIY Ring Light Supaya Foto Cetar



Siapa yang suka bikin EOTD (eye of the day)? atau LOTD (lip of the day)? atau MOTD (make up of the day)? *mengacungkan jari*. Trus, biasanya kalau sudah buat, terus dishare di facebook atau instagram..iya gaa? :D

Ga dipungkiri ya, sekarang itu adalah era "share-nisasi" dimana apa yang kita buat terus kita share di socmed yang kita punya. Ga mau bohong sih, pastinya tujuan utama buat nunjukin kalau kita udah bikin karya yang bagus dan sukur sukur dapet pujian (#akusihgituorangnya).

Nah, kalau memangbegitu adanya, wajib dong bikin foto yang maksimal. Karyanya udah bagus kalau ga didukung pencahayaan yang bagus, orang lain juga jadi ga notice. So, lets make our creation become noticeable with DIY ringlight!

Tadinya sih aku ga berniat buat bikin blogpost tentang ringlight ini. Tapi karena ada beberapa teman beauty blogger yang tau aku pakai ringlight dan tanya berapa harganya (sumpah aku ga tau harganya!) dan pas tau aku buat ringlight sendiri juga tanya bagaimana caranya, jadi sekalian aja yak aku bikin blogpostnya :D

Okeh! First thing peralatan yang harus dimiliki adalah :

1. Lampu berbentuk lingkaran. Aku beli di supermarket, merk hitachi 40w dengan harga IDR 90ribu. 

Pic source Alibaba
2. Rangkaian Listrik untuk dicolok ke listrik dan lampu - untuk yang ini bisa langsung rikues di toko listrik dan dirangkaikan sekalian bareng sama lampunya. Totalnya sekitar IDR 50ribu.

Nah, setelah balik dari toko listrik, dijamin kamu pasti sudah punya yang namanya ringlight itu. Simpel kan?

Second thing yang harus dipikirkan adalah : Ini lampu dan rangkaiannya mau ditaroh dimana? 

Beberapa teman ada yang rikues khusus ke tukang disekitar rumah untuk membuat dudukan untuk lampu tersebut. That can be done, but usually harganya pasti lumayan mahal karena harus bayar ongkos bahan dan tukang.

So, take a look around your home, especially gudang. Kira kira ada ga bangkai kipas angin. Kipas angin apapun merknya yang penting masih bisa berdiri dan masih punya jari-jarinya. Aku sih lumayan yakin kalau banyak yang masih punya bangkai kipas angin gini. Kalau di rumah ga ada, coba tanya ke tetangga atau sodara deh.

 Kalau sudah nemu, mari kita make over si bangkai kipas angin ini.

1. Lepas jari-jari kipas angin bagian depan. 

Pic source Bhineka 
2. Potong kerangka paling belakang yang berbentuk lingkaran dari jari jari kipas angin di bagian belakang menggunakan tang (bagian yang ditunjuk oleh panah merah) 

pemotongan jari jari kipas bagian belakang cukup separo dari bagian paling dalam ke luar., karena sisa jari yang tidak terpotong akan berfungsi sebagai dudukan lampu (maaf kalau kipasnya kotor, ini kipas yang masih belum jadi bangkai)

3. Setelah kerangka lingkaran dipotong, bengkokkan tiap jari-jarinya ke arah dalam menggunakan tang.

Bengkokannya seperti gambar diatas


4. Setelah selesai dibengkokan semua, pasang lampu yang sudah dirangkai tadi, dan dirapikan dengan selotip hitam supaya rapi.


5. Tadaaaa, lampu siap digunakan!


Kalau bisa sih, bangkai kipas angin yang digunakan adalah Cosmos Wadesta. Kenapa, karena tiang kipas ini bisa dipanjang pendekkan. Paling tidak bisa sampai setinggi kita duduk di kursi. 

Hasilnya? Oke banget!! 


Selamat Mencoba!

Comments

  1. waaa...boleh banget idenya :)
    pengen banget punya ring light dari dulu >.<

    Love, Leonita
    www.blackblueblizzard.com

    ReplyDelete
  2. Uwaaaaaaaaa itu lampu berapaan yang bulet gitu? Satu ukuran aja ya ce lampunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lupa nulis harganya. Udah diupdate harganya (lampu 90rb dan rangkaiannya 50rb an)

      Delete
  3. Hoalahhh bunda kreatip abizzzz coba ah ni ada kipas rusak nganggur hahayy 😆 tengkiu diy nya

    ReplyDelete
  4. Kreatif beut kakaaa,,, Nice ! (^^)

    ReplyDelete
  5. Wahhh, kipasku dulu yang rusak waktu dikost harusnya bisa dibuat ginian. Malah dibuang T_T
    Nungguin kipas rusak kalo gitu hahaha. Kreatif abis deh ce Irene ^0^

    ReplyDelete
  6. Wah inspiratif nih ^^ nanti aku coba yaa ^^

    Saling follow yuk ^^

    ReplyDelete
  7. nunggu kipas rusak dulu mak 😆😆😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba atuh ke tetangga sebelah..mana tau ada mak :D

      Delete
  8. nunggu kipas rusak dulu mak 😆😆😆

    ReplyDelete
  9. ce Irene sumpaah keren banget ring light nya. Mau bikin jugaaa aaah :D

    http://www.tipscantikmanda.com/

    ReplyDelete
  10. Mantap miss... I need this.. Aku pengen nyoba bikin. *brb beli lampu*

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sok atuh cobain...usefull banget kook

      Delete
  11. Huaaa kreatif! Ikutan nyoba deh! :D

    bjorkiagadzotica.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. wuaaah sukaaa idenya kreatif, udah lama nih cari buat ring light yg simple gini, dan ini sunggung murah. Sekalian minta tipsnya biar gak over pencahayaanya (keterangan) gimana ya? makasi :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau DIY gini ga bisa diatur sih memang. Tapi bisa diakali dengan kalo potoan di ruangan yang agak luas. Kl aku foto di kamar tamu yg ukurannya cm 2 x 3 gitu, aku matiin lampu yang diatas. Otherwise, bisa diatur pencahayaannya dengan menggunakan pilihan setting manual dikamera, dan bukaannya dipercepat

      Delete
  13. kreatif banget, kira2 kalo di tempel di dinding bakal sama aja gak ya hasilnya? gak ada kipas bekas nih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ditempel tar kameranya ditaroh mana dong :D setau aku biasanya kan kalau pake ringlight yg standing maka kamera ada di paling belakang :D

      Delete
  14. Ah gak kepikiran buat pake kerangka kipas angin! Mau coba juga ah :D

    ReplyDelete
  15. Thank youuuu tutorial nya membantu banget.. Kebetulan lagi mau bikin ginian cuman bingung mau d taroh dimana sama perkiraan budget..

    Hanya saja kea nya susah nih nyari kipasnya ahahhahahaha 😂😂😂
    Mungkin bakal nyoba kalo sandarin dulu yah lampunya..

    ReplyDelete
  16. Thank youuuu tutorial nya membantu banget.. Kebetulan lagi mau bikin ginian cuman bingung mau d taroh dimana sama perkiraan budget..

    Hanya saja kea nya susah nih nyari kipasnya ahahhahahaha 😂😂😂
    Mungkin bakal nyoba kalo sandarin dulu yah lampunya..

    ReplyDelete
  17. sangat kreatif ya dan idenya juga sangat murah ni bisa kreasiin ring light dari barang bekas

    ravitamala.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. Ce, nanya dong.. itu beli lampunya di supermarket mana ya? di jakarta ko ga ada yaa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. di glodok elektronik ada sih. hehe. maaf baru balasin..aku baru ngeh ada banyak komen disini :D maklum gaptek...semoga membantu ya

      Delete
  19. Haiii!!! Lampunya hitachi tapi kok di pic nya philips ya say? kamu dapet di supermarket mana? diameternya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo..baru baca ada komen disini nih :D itu lampu philips ngambil dr gugel...soalnya kerdus lampuku udh terlanjur dibuang belom difoto :D

      Delete
    2. ah iya. aku pakenya lampu hitachi :)

      Delete
    3. lupa nulis : belinya di glodok elektronik di kelapa gading..tapi kayaknya di toko online ada juga sih...diameternya sekitar 30 cm

      Delete
  20. Siiss membantu banngeeettt makaaasiihh 😊😊😊😊😊

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. thankyou so much idenya. untung belum beli ring light dipasaran. hemat budget banget nih..

    ReplyDelete
  23. thankyou so much idenya. untung belum beli ring light dipasaran. hemat budget banget nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini lumayan awet juga kok kalo komponen listriknya dipasangnya ga ngasal. punyaku udh setaon lebih nih :)

      Delete
  24. Kak itu stater nya yg biru merk apa ?? Aku 2kali bei yg philips hrg 4000an. Tapi item terus kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh yang pasang suami aku sih..jd ga tau merk staternya. tapi kayaknya kalo phillips udah bagus ya.. apa mungkin rangkaiannya yang masangnya kurang bagus? punyaku sampai skrg masih awet aja soalnya

      Delete
  25. Keren banget kak :D *ngiler*

    svnshinebeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
  26. Soalnya klo bukan LED efek nya beda di camera. thx ya btw

    ReplyDelete
  27. Your site provide nice suggestion for the Beauty..
    Plz visit: Designer Saree manufacture in Surat

    ReplyDelete
  28. your blog is more usefull ans easly use...

    Fancy designer wear and fashioable.......
    Here We Have Some For You In Your Budget
    For More.... Plz visit Plz visit:-
    designer wear printed

    ReplyDelete
  29. lampu bulet gitu kalo cari di online kira2 keywordnya apa ya? ahaha menarik nihh

    heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

    ReplyDelete
  30. kak itu lampunya belinya adanya di supermarket ya? di toko listrik gtu ga ada? trs itu yg kepala kipasnya itu ngilanginnya gmna ? yg bntuk konde nya kipas wkwkwk

    ReplyDelete
  31. kak itu lampunya belinya adanya di supermarket ya? di toko listrik gtu ga ada? trs itu yg kepala kipasnya itu ngilanginnya gmna ? yg bntuk konde nya kipas wkwkwk

    ReplyDelete
  32. terima kasih mba irene widya tips nya ternyata masih jarang yang jual produk ring light makeup ini iya. padahal banyak di butuhkan oleh para makeup. Tips nya keren banget. beli di Toko online masih tinggi harganya berkisaran 1-3 jt ke atas

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts