Review : Mustika Ratu Simple Stay Series

Hello Ladies!

Tentu saja  nama Mustika Ratu sudah tidak asing lagi yah buat kita semua? Local brand yang dirintis oleh Ibu BRA Mooryati Soedibyo sejak tahun 1975 ini memulai bisnisnya dengan memproduksi jamu yang didistribusikan ke kota kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Semarang, Medan, dll. Dalam perkembangannya, mengikuti demand dari para konsumen, Mustika Ratu juga mulai memproduksi kosmetik kosmetik tradisional.

Picture Courtesy Mustika Ratu
Nah, di kesempatan kali ini, aku mau coba mereview satu lini baru dari Mustika Ratu yaitu Simply Stay. Simply Stay  ini sudah dirilis sejak beberapa waktu lalu, dengan target market wanita Indonesia yang aktif dan simple. Dengan ketahanan riasan sampai dengan 8 jam, maka dalam penggunaannya kita bisa tetap beraktifitas indoor ataupun outdoor tanpa harus setiap kali direpotkan dengan retouch make up. 

Picture Courtesy Mustika Ratu
Ladies, make up yang tahan lama, tentu tidak lepas dari peran basic make up. Disinilah peran basic make up yang berkualitas serta aplikasi yang baik dan benar dibutuhkan. Tentu saja, kondisi ini harus disesuaikan dengan kondisi cuaca dan aktifitas kita. Cuaca yang panas, otomatis membutuhkan basic make up yang mengandung UV Protection yang baik. Aktivitas baik indoor ataupun outdoor, tentu saja syarat mutlaknya harus menggunakan base make up yang mengandung pelembab dan anti oksidan yang bermanfaat untuk menjaga kulit supaya tetap sehat dan cerah. Keharusan bekerja atau beraktifitas seharian, otomatis make up yang tahan lamalah yang kita butuhkan.

Do you know? Mustika Ratu Simply Stay is the answer!


Line Simply Stay ini terdiri dari 2 jenis pelembab, yaitu untuk kulit kering dan kulit berminyak, 4 macam liquid foundation, 4 macam stick foundation, dan 4 macam two way cake dan loose powder.

Kandungan utama dalam semua produk dalam lini Simple Stay ini adalah sebagai berikut :


Dalam lini Simply Stay ini, 4 macam foundation, stick foundation, two way cake serta loose powder itu sendiri terdiri dari 4 macam shade yaitu pearly white, smoothie yellow, caramel latte dan sweet choco.

Yuk, kita bahas satu persatu ya..

1. Simply Stay Moisturizer (IDR 15.000,-)



Moisturizer ini terdiri dari 2 jenis, yaitu untuk kulit normal - kering dan kulit normal - berminyak. Karena kulitku adalah kombinasi, maka aku menggunakan jenis normal - berminyak. Moisturizer ini berwarna putih susu, tetapi dalam pengaplikasiannya, akan memberi hasil transparan.

Tekstur dari moisturizer ini ringan dan tidak lengket. Mudah diratakan dengan kulit, karena cukup encer, dan memberikan kelembaban cukup untuk kulit selagi dalam penggunaan make up

aplikasi moisturizer, dan setelah diratakan. transparan kan? ^^

2. Simply Stay Liquid Foundation (IDR 20.000,-)

Tekstur liquid pada foundation ini memudahkan kita untuk mengaplikasikan ke wajah. Dibandingkan satu merk high end  foundation yang pernah aku gunakan, foundation ini tidak cepat kering, sehingga kita memiliki cukup waktu untuk mem-blending dengan sempurna di wajah kita.

4 macam shade, yaitu sweet choco, pearly white, smoothie yellow dan caramel latte

Pearly White ditujukan untuk para wanita yang berkulit putih dengan undertone pink. Warna foundation ini ketika belum diratakan adalah light beige.
Smoothie Yellow memiliki warna medium beige dengan sedikit unsur kekuningan ketika belum diaplikasikan. Shade ini ditujukan untuk pemilik kulit kuning langsat/yellow undertone.
Caramel Latte memiliki unsur warna agak mirip dengan smoothie yellow sebelum diaplikasikan, tetapi dengan penambahan unsur warna light brown. Bisa ditebak, shade ini ditujukan untuk wanita dengan kulit medium tan/coklat cerah.
Sweet Choco ditujukan untuk para wanita dengan kulit yang lebih gelap. Warna sebelum diaplikasikan adalah coklat gelap cenderung sedikit keabu-abuan. Pada saat diaplikasikan, akan menghasilkan warna coklat gelap/sawo matang.

swatch pada tangan
Untuk coverage, menurutku foundation ini sudah cukup bagus yah, mengingat harganya yang cukup terjangkau. Untuk darkspot, reddish dan jerawat yang bersifat minor/ringan, foundation ini memiliki medium coverage yang bisa menutup hal hal tersebut dengan baik

Aplikasi pada wajah
Sadly, aku tidak menemukan shade foundation yang paling cocok dengan kulitku. Pearly White terlalu putih untukku, sedangkan Smoothie Yellow masih terlalu kuning. Caramel Latte atau Sweet Choco juga terlalu gelap buat kulit wajahku.

Untungnya, karena aku punya 4 macam shade yang berbeda, hal ini memungkinkan aku mengeksplorasi secara lebih dalam dengan melakukan trial error pencampuran shade. Honestly, aku lebih suka dengan metode pencampuran warna ini. Hasil yang didapatkan akan jauh lebih mendekati shade kulit kita dibandingkan dengan memaksakan hanya 1 warna/shade saja di kulit kita. Untungnya, Simple Stay Foundation dari Mustika Ratu ini harganya terjangkau, sehingga masih memungkinkan sekali kita membeli sekaligus beberapa shade untuk mendapatkan shade yang paling pas untuk kulit kita.

Sedikit tentang trial error pencampuran shade, aku menggunakan mixing palette transparan supaya lebih terlihat hasil warnanya, kemudian baru diswatch ke tangan, dan apabila sudah pas, aku aplikasikan ke wajah.

Mixing 1 : pearly white dan smoothie yellow
Mixing 2 : pearly white dan caramel latte
Mixing 3 : pearly white, smoothie yellow dan sweet choco
Dari 3 kali trial, aku menemukan bahwa dengan perbandingan yang tepat antara pearly white, smoothie yellow dan sweet choco aku mendapatkan shade yang pas untuk kulitku. Penggunaan shade yang pas, merupakan salah satu unsur untuk mendapatkan hasil final make up yang alami dan dan terlihat wajar.

3. Simply Stay Stick Foundation (IDR 50.000,-)


Untuk stick foundation ini, aku gunakan sebagai base untuk shading. Jadi, setelah penggunaan powder untuk setting, aku tetap menambahkan bronzer untuk shading wajahku, guna mendapatkan kesan tirus yang "maksimal".

Seperti kita lihat, ada 4 shade juga ya. Karena di sample tidak dituliskan shade masing masing, jadi aku menyamakan shade berdasarkan swatch dan hasil yang mirip untuk menentukan shadenya.

No. 1 adalah shade Sweet Choco - shade ini yang aku gunakan untuk membentuk area area wajah yang perlu digelapkan supaya terlihat lebih tirus, seperti misalnya tulang pipi, hidung dan dagu.
No. 2 adalah shade Caramel Latte - sampai saat ini, shade ini masih belum aku manfaatkan.
No. 3 adalah shade Smoothie Yellow - sama dengan shade sebelumnya, shade ini belum aku gunakan juga.
No. 4 adalah shade Pearly White - shade ini aku gunakan untuk meng-highlight area area yang perlu dicerahkan seperti bawah mata, bagian tengah hidung dan dahi.


Tekstur dari stick foundation ini creamy. Yang berarti, kita harus cukup hati hati dalam aplikasi, karena bila terlalu banyak, bisa membuat wajah kita terlihat seperti memakai topeng atau malah cakey. Dalam hal untuk penggunaan shading, menurutku Sweet Choco sebagai shade tergelap masih agak kurang maksimal untuk countouring area pipi dan hidung.

4. Simply Stay Two Way Cake (IDR 75.000,-)



Sama seperti basic make up sebelumnya, two way cake (TWC) ini juga terdiri dari 4 macam shade. Sama juga seperti sampel stick foundation, pada sampel TWC ini tidak ada keterangan shade. Tetapi based on swatch yang aku lakukan, dimungkinkan bahwa no 1 adalah pearly white, no 2 adalah caramel latte, no 3 adalah smoothie yellow dan no 4 adalah sweet choco. Untuk shade TWC ini, ternyata shade TWC no 2 cocok dan menyatu di kulitku.

Tekstur dari TWC ini lembut dan halus. Hasilnya adalah matte, tetapi dengan sedikit glowy di bagian T wajah. Biasanya, dikarenakan sudah menggunakan foundation dan shading/concealer, biasanya aku tidak terlalu banyak menggunakan bedak, dan kalaupun ada penggunaan bedak, hanya untuk setting finishing dengan menggunakan loose powder. Tetapi bila aku tidak menggunakan shading/concealer, aku menggunakan TWC untuk men-setting foundation. Alasannya? karena aku kurang suka dengan perasaan "seperti memakai bedak bertumpuk tumpuk" apalagi cuma untuk daily make up. Tetapi kurasa dalam case penggunaan satu set Simply Stay ini, aku akan menggunakan keduanya - loose powder dan TWC (loose powder menggunakan merk berbeda) karena tekstur secara keseluruhannya masih terasa ringan pada saat digunakan di wajah.

Nah, overall summary dan result dari percobaan penggunaan Simply Stay dari Mustika Ratu ini adalah sebagai berikut:

>> Moisturizer : ringan dan tidak lengket, tetapi memberikan hasil yang moist.
>> Liquid Foundation : jangkauan shade yang general untuk wanita Indonesia, tapi untuk beberapa jenis kulit akan agak susah untuk mendapatkan shade yang pas. Meskipun begitu, karena harga yang terjangkau, masih dimungkinkan melakukan mix and match shade guna mendapatkan hasil warna yang mendekati. Coverage medium, cocok untuk minor dark spot, reddish atau bekas jerawat yang tidak terlalu parah.
>> Stick Foundation : Coverage medium, tetapi shade untuk countouring sepertinya masih kurang lebar range nya.
>> Two Way Cake : partikel lembut dan halus, dengan hasil matte tapi dengan sedikit glowing di daerah T.
>> Overall result dalam penggunaan satu seri secara keseluruhan (tanpa loose powder) : bisa digunakan untuk daily make up, tahan cukup tanpa harus retouch. Aku menggunakan basic make up ini untuk window shopping di Pasar Baru (baik di Metro Pasar Baru yang ber AC dan di area sepanjang Pasar Baru) mulai dari jam 3 sore sampai dengan jam 5.30 sore, disambung ke beberapa tempat lain sampai dengan jam 8 malam, tanpa retouch dan hanya ada sedikit berminyak di daerah T.


Everyday with Simply Stay :)
Okay, aku rasa cukup sekian reviewnya, semoga bisa membantu dalam memilih dan memutuskan yah :) Thankyou for reading ^^


Acara ini diorganisir oleh BBlog Indonesia (www.bblog.web.id) dan disponsori oleh Mustika Ratu (www.mustika-ratu.co.id)


berpartisipasi dalam "Everyday with Simple Stay" Blogging Competition [1]

Comments

Post a Comment

Popular Posts